Tentang Perguruan Pembda Nias

Salam Sejahtera, Ya’ahowu …..

Yayasan Perguruan Pembangunan Daerah (PEMBDA) Nias berdiri pada tanggal 1 Februari 1972 di inspirasi oleh keterbebanan para Founding Father (Pendiri) untuk membuka kesempatan yang lebih luas bagi para generasi muda nias mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan yang berkualitas.

Ketersediaan dan kondisi sarana pendidikan di Kepulauan Nias  pada saat itu sangat terbatas dan tidak mudah diakses  sehingga generasi muda usia sekolah   kesulitan melanjutkan pendidikan,  pilihan lembaga pendidikan yang ada tersedia  terbatas dan bahkan untuk pendidikan lanjut ke Perguruan Tinggi masyarakat Nias harus merantau keluar Pulau Nias.

Dirintis dengan fasilitas sangat terbatas dengan aset awal 11 (sebelas) ruangan ukuran 7 m x 8 m  diatas tanah seluas 4200 (empat ribu dua ratus hektare)  Yayasan Perguruan Pembda Nias memulai kiprahnya dalam dunia pendidikan di Kepulauan Nias.

Visi :  Menciptakan generasi muda yang berkualitas dan memiliki karakter yang baik.

Dalam perjalanannya Yayasan Perguruan Pembda Nias telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi wahana  mendidik putra-putri nias agar memiliki kualitas yang baik akademik dan karakter yang baik.

Saat ini Yayasan Perguruan Pembda Nias telah berkembang pesat dan melalui unti-unit sekolah yang dimiliki telah meluluskan puluhan ribu alumni yang kini telah berkarir di berbagai sektor diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia.

Unit Sekolah yang telah ada saat ini adalah :

  1. SMPS Pembda 1 Gunungsitoli
  2. SMPS Pembda 2 Gunungsitoli
  3. SMAS Pembda 1 Gunungsitoli
  4. SMAS Pembda 2 Gunungsitoli
  5. SMKS Pembda Nias

dengan total Jumlah Siswa : +  1.900 siswa/i dan tenaga Guru dan Pegawai sebanyak : 140 Orang

Selama Perjalanan Pengabdian 40 tahun lebih, Yayasan Perguruan Pembda Nias telah mendapatkan banyak pengalaman sabagai bahan evaluasi diri dalam  merancang layanan pendidikan yang semakin mumpuni dalam rangka mencapai Visi dan Misi mulia Yayasan.

Dukungan dan kepercayaan dari masyarakat adalah modal dalam mengemban misi  ini dan kami menyadari perjalanan masih panjang dan membutuhkan kerja keras dan dukungan semua pihak semoga dengan pertolongan Tuhan tugas  ini  akan tercapai.

Jayalah Perguruan Pembda Nias

Pengurus Yayasan Perguruan Pembangunan Daerah Nias